Arti dan Makna Warna dalam Desain Grafis

Merah

Warna merah memiliki arti warna yang identik dengan api dan kekuatan, tetapi warna merah juga bisa diartikan dengan gairah dan cinta. Di negara Cina warna merah melambangkan kemakmuran, kebahagiaan dan peruntungan. Warna merah gelap menggambarkan sesuatu yang elegan sedangkan warna merah yang terang menggambarkan nuansa yang enerjik.

Kuning


Warna kuning adalah warna yang paling cerah diantara warna yang lainnya, warna kuning melambangkan matahari dan kegembiraan. Di Indonesia warna kuning identik dengan berduka, di negara India merupakan simbol dari perdagangan sedangkan di jepang warna kuning berarti keberanian. Di dalam desain jika warna kuning dikombinasikan dengan warna yang tepat maka nilai estetis warna ini akan muncul.

Oranye


Warna oranye merupakan kombinasi warna antara merah dan kuning. warna oranye memberikan kesan bersemangat dan enerjik. Di negara Amerika warna ini sama dengan nama buah yaitu jeruk, dan memiliki makna tentang kesehatan. Dalam desain warna oranye ini memiliki warna yang sangat ramah dibandingkan dengan warna yang lainnya.

Hijau


Warna hijau memiliki arti natural atau warna yang membumi, warna ini juga memiliki arti tenang dan rilex. Dalam desain warna hijau memberikan nuansa fresh sangat cocok untuk perusahaan wisata, kesehatan, dan makanan.

Biru


Dalam desain warna biru memiliki arti tenang seperti air. warna biru tu memberikan pola pikir yang jernih sedangkan biru muda bisa merangsang ketenangan dan juga konsentrasi. warna ini sangat cocok dalam dunia bisnis sebab memberikan arti keseimbangan dan ketenangan.

Ungu


Warna ungu merupakan gabungan warna merah dan biru, warna ini memberikan kesan damai. Warna ungu bisa memberikan kesan yang romantis. Dalam membuat logo warna ini sangat elegan cocok untuk perusahaan kecantikan dan perhiasan.

Coklat


warna coklat memberikan kesan alami seperti kayu, sederhana dan rasa nyaman tetapi warna ini juga memberikan kesan gagah dan maskulin. Dalam desain warna coklat tua bisa digunakan menjadi background.

Hitam


Warna hitam adalah warna yang kuat dan netral. jika dilihat dari sisi negatif warna ini melambangkan kejahatan. Jika kalian menampilkan warna ini dengan benar maka desain kalian akan terlihat lebih elegan.

Putih


Warna putih adalah warna yang sangat terang. warna ini memilki makna tentang kedamaian dan bersih. Rumah sakit menggunakan warna ini untuk memberikan nuansa yang bersih dan steril. Dalam desain warna ini biasanya dipakai untuk latar belakang dan untuk dipadukan dengan warna yang agak gelap.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.